Isu Sentral Kampanye Partai PSI Provinsi Pegunungan Papua

Politik145 Dilihat

 

matanewstv.com | | Pengunungan Papua 

Dalam rangka kampanye menjelang pemilihan pada 7 Februari 2024, Partai PSI DPC Provinsi Pegunungan Papua menegaskan enam isu sentral yang menjadi fokus utama perjuangan, dengan slogan “NAI HAWOLOK.” Berikut adalah rinciannya:

Hak atas Wilayah Adat

– Partai PSI vokal mengadvokasi hak masyarakat adat LAPAGO terkait wilayah adat, menekankan perlunya pengakuan, pengelolaan, dan pemanfaatan sesuai dengan hukum adat.

Hak atas Budaya Spiritual

– Dalam upaya mempertahankan identitas budaya masyarakat adat, PSI memperjuangkan pengakuan terhadap kearifan lokal sebagai aspek penting dalam pemahaman hukum dan sosial-antropologi.

Hak Perempuan Adat

– Partai berkomitmen untuk mendukung hak perempuan adat, termasuk partisipasi dalam pengambilan keputusan, pengelolaan wilayah kelola perempuan adat, dan perlindungan terhadap pengetahuan tradisional.

Hak Anak dan Pemuda Adat

– PSI menyoroti peran kunci anak dan pemuda adat sebagai generasi penerus, menekankan pentingnya memberikan perhatian khusus kepada mereka dalam rangka membangun komunitas yang berkelanjutan.

Hak atas Lingkungan Hidup

– Partai menekankan lingkungan sebagai sumber kehidupan dan pengetahuan bagi masyarakat adat, menjunjung tinggi kearifan lokal sebagai bagian integral dari budaya dan spiritualitas.

Hak atas FPIC (Free, Prior, Informed, Consent)

– Partai PSI memberikan penekanan khusus pada hak masyarakat adat untuk memberikan persetujuan atau penolakan terhadap proyek pembangunan di wilayah adat mereka melalui prinsip Free, Prior, Informed, Consent (FPIC).

Partai PSI Provinsi Pegunungan Papua bersikap tegas dalam memperjuangkan hak-hak tersebut sebagai bagian dari komitmen mereka terhadap keadilan dan keberlanjutan.

Mereka mengajak masyarakat untuk mendukung visi mereka pada pemilihan 7 Februari 2024 dengan harapan membangun masa depan yang lebih baik untuk masyarakat adat LAPAGO. (Red/Nain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *