Kecanggihan Command Center Polda Sumut Amankan Pemilu 2024 dengan Teknologi Terintegrasi

Pantau TPS Jarak Jauh Hingga Pulau Terpencil untuk Memastikan Kelancaran Proses Pemilihan

Medan, Pemilu127 Dilihat

 

MATANEWSTV com | | Medan – Dalam mengamankan Pemilu serentak, Polda Sumut telah meluncurkan Command Center yang dilengkapi dengan teknologi terintegrasi untuk memastikan kelancaran dan keamanan seluruh kegiatan pemilu 2024. 17 Februari 2024

Posko operasi di Polda Sumut berfungsi sebagai pusat kendali operasi, memungkinkan pemantauan, instruksi, dan koordinasi di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten/kota.

Posko operasi di Polda Sumut berfungsi sebagai pusat kendali operasi

Karo Ops Polda Sumut, Kombes Victor Togi Tambunan, menjelaskan bahwa Command Center dapat memberikan instruksi langsung kepada personel di lapangan berdasarkan analisis situasi.

Personel mempunyai kewajiban untuk mengupload laporan di lokasi masing-masing“, sambung Togi.

Sebagai contoh, kemarin terdeteksi kekurangan surat suara di Kecamatan Sibolangit, Deli serdang.

Melalui laporan real-time dari personel di lapangan, Command Center segera berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Deli serdang untuk pengiriman surat suara yang kosong. Personel Polda Sumut turut mengawal ketat agar surat suara tiba tepat waktu.

Dalam pelaksanaan tugas, personel dilengkapi dengan aplikasi SOT (Sistem Operasional Terpadu) untuk melaporkan kegiatan secara real-time. Aplikasi ini memantau pergerakan polisi di TPS, mengawal kotak suara, dan memastikan pengiriman suara ke PPK/kantor kecamatan.

Pentingnya teknologi ini terlihat dalam pengawasan personel hingga ke daerah terpencil, memaksimalkan pengamanan pemilu dan pengiriman surat suara. Dengan teknologi ini, koordinasi dan pengambilan keputusan menjadi lebih mudah dan cepat.

Hingga jam 17.30, data menunjukkan bahwa 31.683 kegiatan personel dilaporkan melibatkan proses pengawalan dan pengamanan kotak suara dari TPS ke PPK, dengan pembaruan informasi setiap menit.

Seluruh kegiatan personil Pengamanan terintegrasi melalui dasboard yang dikendalikan command center Polda Sumut“, pungkasnya. * MNR**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *