Kombes Rony Samtana Resmi Menjabat Wakapolda Sumut

Berita, Medan139 Dilihat

matanewstv.com

Medan – Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi resmi melantik Kombes Rony Samtana sebagai wakapolda Sumut yang baru Rony menggantikan Brigjen Jawari yang dimutasi sebagai Widyaiswara kepolisian TK 1 Sespim Lemdiklat Polri. Upacara serah terima jabatan (Sertijab) itu digelar di aula tribrata Polda Sumut. Kamis (21/12/2023)

Sertijab ini sesuai dengan surat telegram Kapolri Nomor.ST/2750/XII/KEP/2023 tertanggal 7 Desember 2023. Agung turut mengucapkan selamat atas jabatan baru yang diemban oleh Rony sementara. Dia yakni Rony telah memahami kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Sumut, Sebab Rony cukup lama bertugas di Polda Sumut. “Mohon bantuan dan kerjasama bapak wakapolda Sumut dalam bola Polda Sumut ini mengingat sudah pernah bertugas di sini, maka sedikit banyak telah mengetahui bagaimana dinamika Kamtibmas yang ada di provinsi Sumut yang kita cintai ini“, kata Agung.

Mantan Kapolda Riau itu juga turut mengingatkan Rony dan forest jajaran untuk bersiap menghadapi perayaan natal dan tahun baru (Nataru) serta pemilu 2024.

Agung meminta agar para pejabat terkait segera menyiapkan langkah-langkah konkret.

Siapkan langkah-langkah konkret dalam mengantisipasi setiap perlawanan bangun sinergi dan kerjasama yang baik dengan TNI, pemerintah dan stakeholder terkait di Sumut guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas,jelasnya Agung

Juga sekaligus mengucapkan selamat karena Brigjen Jawari akan naik pangkat menjadi Irjen. Saya mengucapkan terima kasih kepada Brigjen jawari atas pengabdian dan kerja keras selama pelaksanaan tugas di Polda Sumut.

Selamat bertugas di tempat yang baru dengan amanah pangkat setingkat lebih tinggi. Semoga senantiasa diberi kemudahan kelancaran dan kesuksesan, kata Agung.

Untuk diketahui, Rony Samtana sebelumnya merupakan Wadirtipidter bareskrim polri. Nama Rony Samtana mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga Sumut.

Baca juga   Bawaslu Sumut Gelar Apel Siaga dan Patroli Pengawasan Selama Masa Tenang

Pasalnya lulusan Akpol 1996 itu cukup lama berkarir di Polda Sumut. Sejumlah jabatan penting seperti Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel). Wadirreskrimsus hingga Dirreskrimsus pernah diembannya.

Selain itu Polda Sumut Rony samtana juga cukup lama menjadi Penyidik KPK. Dia juga pernah menjadi kasubbag prodi S3 Jemenkamtekpol Ditprog Sarjana STIK Lemdikpol.

Rony Samtana ditunjuk menjadi Kapolres Tapsel pada tahun 2015 Dia menggantikan AKBP Parluatan Siregar yang dimutasi menjadi Wadirbinmas Polda Sumut.Lalu pada tahun 2017 Rony Samtana dipercaya untuk menduduki jabatan Wadirreskrimsus Polda Sumut.

Karirnya pun terus naik hingga pada tahun 2018 Rony diangkat menjadi Dirreskrimsus Polda Sumut setelah hampir 2 tahun menjadi Dirreskrimsus.

Rony dimutasi menjadi Analis kebijakan madya Dikreg XLVIII Sesko TNIT.A2021 pada tahun 2020. Dipercaya menjadi kasubdit V Dittipidter Bareskrim polri. Posisi Rony kembali dirotasi. Pada Oktober 2023. Jenderal Listyo menunjuk Roni untuk menduduki posisi Wadirtipdter bareskrim polri menggantikan Kombes Nunung. Gini Roni resmi menjabat sebagai wakapolda Sumut. (Ibnu hajar)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *