F1 Powerboat Kembali Digelar di Danau Toba, Pemprov Sumut Optimis Dongkrak Perekonomian Lokal

Medan, Olahraga109 Dilihat

 

MATANEWSTV com || Medan– Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) optimis bahwa penyelenggaraan F1 Powerboat (F1H20) di Danau Toba akan menjadi katalisator penting dalam menggerakkan perekonomian lokal. Seri pembuka F1H20 Championship tahun 2024 di Danau Toba diharapkan lebih sukses dari sebelumnya, membawa manfaat ekonomi yang signifikan. Kamis 22/02/2024

Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan, Muhammad Armand Effendi Pohan, menyatakan optimisme mereka dalam konferensi pers di Pos Bloc Medan.

Kesuksesan seri sebelumnya menjadi dorongan bagi perekonomian Sumut, khususnya sekitar Danau Toba. Event ini, sebagai seri pembuka musim 2024, diyakini akan mencapai kesuksesan yang lebih besar,” kata Armand Effendi Pohan.

Pemerintah berharap partisipasi aktif masyarakat dalam meramaikan event Internasional ini, yang berlangsung pada 2-3 Maret 2024. Tahun lalu, ratusan UMKM turut serta dalam F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, melalui sesi virtual, menyoroti dampak ekonomi yang signifikan dari event ini.

Event ini diperkirakan dapat memberikan dampak ekonomi sebesar Rp 500 miliar. Kami mengajak semua pihak, terutama pelaku UMKM di sekitar Danau Toba, untuk serius mempersiapkan diri agar dapat meraih peluang ekonomi ini,” ujar Sandiaga Uno.

Bupati Toba, Poltak Sitorus, menekankan pentingnya kebersihan dan lingkungan dalam menarik wisatawan.

Dengan kunjungan pariwisata yang meningkat dari 1 juta pada tahun 2022 menjadi 2 juta pada 2023, Sitorus menegaskan perlunya perhatian khusus pada kebersihan dagangan dan lingkungan sekitar Danau Toba.

Dalam konferensi pers ini, turut hadir pula Marketing dan Business Development Director F1H20, Raimondo di San Germano, Direktur Olahraga Balap Air IMI Pusat, Randi Wibawa, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata In Journey, Maya Watono, serta Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenkomarves, Komas Harefa. Semua pihak berkomitmen untuk bersama-sama memajukan potensi pariwisata Danau Toba di mata dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *