banner 728x250

Tokoh Masyarakat Belawan dan Pelindo Regional 1 Bahas Rencana Kolaborasi Program Kepedulian Terhadap Masyarakat Lingkungan Belawan

 

MATANEWSTV com || Belawan  – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 1, yang diwakili oleh Regional Division Head Pelayanan SDM dan Umum Regional 1 Kasih Dwi Yanti serta Manager Hukum & Humas Regional 1 Fadillah Haryono, menerima kunjungan tokoh masyarakat Belawan, H. Irfan Hamidi, yang didampingi oleh R. Khairil Chaniago, di Grha Pelindo Regional 1 Belawan pada Rabu (15/5/2024).

banner 728x250

Dalam pertemuan tersebut, H. Irfan Hamidi mengungkapkan bahwa kunjungannya merupakan bagian dari rangkaian road show ke berbagai pihak untuk menyampaikan sejumlah permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat Belawan.

Permasalahan tersebut meliputi infrastruktur pemukiman, kemiskinan struktural, peluang kerja bagi generasi muda, pendidikan, dan kriminalitas.

Harapannya adalah agar ada langkah taktis dan strategis yang melibatkan berbagai pihak, baik dari pemerintah, aparat hukum, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun sektor swasta yang beroperasi di Belawan.

H. Irfan Hamidi menekankan pentingnya kontribusi PT Pelindo Regional 1 dalam mengatasi persoalan-persoalan ini, dengan program yang tidak hanya seremonial tetapi juga fundamental, bermanfaat nyata, dan berkelanjutan bagi masyarakat Belawan.

Salah satu fokus utama adalah tingginya angka pengangguran di kalangan pemuda Belawan, meskipun banyak perusahaan beroperasi di wilayah tersebut.

Solusi yang diusulkan termasuk pelatihan keterampilan kerja seperti pelatihan dan sertifikasi juru las, operator forklift, dan reach stacker crane, untuk memudahkan generasi muda Belawan memperoleh pekerjaan.

Selain itu, H. Irfan juga mengusulkan “Kolaborasi Dukungan Pendidikan” bagi anak-anak usia sekolah dari keluarga prasejahtera dan menanyakan program dukungan PT Pelindo Regional 1 dalam pengembangan dan penguatan UMKM di Belawan guna meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Menanggapi hal ini, Kasih Dwi Yanti menyampaikan terima kasih atas perhatian dan masukan dari H. Irfan Hamidi. Beliau menegaskan bahwa Belawan merupakan salah satu wilayah prioritas dalam pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo.

Baca juga   Karyawan PKWT PTPN I REGIONAL I Kebun Bulu Cina Dipaksa Kerja sampai larut malam di Hari Libur Tanpa Premi Tambahan, Melanggar Aturan dan Eksploitasi?

Program TJSL yang telah direalisasikan mencakup penyediaan air bersih, penanaman pohon, bantuan halte sampah, kampung ramah anak, pelatihan dan pembekalan usaha bagi UMKM, pencegahan dan penanggulangan stunting, beasiswa Pelindo, serta program Berbagi Ramadhan dan Qurban setiap tahun.

Masukan dari tokoh masyarakat ini akan menjadi bahan pertimbangan penting bagi Pelindo dalam menyusun dan menetapkan program TJSL perusahaan yang selaras dengan kebutuhan masyarakat, sehingga program yang dilaksanakan dapat tepat sasaran dan memberikan manfaat optimal. (Nain)**

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *