banner 728x250

Pengungsi Rohingya Tiba di Desa Kwala Langkat, Langkat, Sumatera Utara

MATANEWSTV com || Tanjung Pura, Langkat – Sebanyak 51 pengungsi Rohingya tiba di Desa Kwala Langkat, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, pada Rabu (22/5/2024) sekitar pukul 10.00 WIB.

Para pengungsi ini datang dari Myanmar dengan dua kapal, salah satunya menurunkan mereka di Desa Kwala Langkat.

banner 728x250

Kedatangan para pengungsi Rohingya ini pertama kali diketahui oleh Danposal Kwala Serapuh melalui Babinpotmar yang mendapat informasi dari perangkat desa.

Danposal bersama personelnya kemudian langsung menuju lokasi untuk mencari informasi terkait kedatangan para pengungsi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, para pengungsi ini diangkut dengan dua kapal, masing-masing kapal mengangkut sekitar 50 orang. Salah satu kapal menurunkan 51 orang di Desa Kwala Langkat, sedangkan kapal lainnya masih belum diketahui keberadaannya.

Sekitar pukul 09.30 WIB, para pengungsi Rohingya menuju kantor desa Kwala Langkat dengan diarahkan oleh warga.

Warga desa kemudian mengarahkan mereka ke gedung serba guna desa dan memberikan bantuan makanan dan minuman.

Namun, dikarenakan ada penolakan dari warga, para pengungsi Rohingya akan direlokasi di tepian pantai Kwala Langkat.

Pada pukul 14.15 WIB, Forkopimca Tanjung Pura meninjau tempat yang akan dijadikan lokasi relokasi pengungsi Rohingya, yaitu di Daerah Dusun 4 Desa Kwala Langkat yang letaknya di pinggir pantai dan cukup jauh dari pemukiman masyarakat.

Pada pukul 15.30 WIB, dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihak puskesmas Pematang Cengal yang dikoordinatori oleh Bertianna (Kapus Pematang Cengal).

Camat Kecamatan Tanjung Pura berkoordinasi dengan Pj. Bupati Langkat untuk mendirikan tenda penampungan sementara di luar Kawasan Pemukiman desa Kwala Langkat, Daerah Dusun 4 Desa Kwala Langkat, sambil menunggu tindak lanjut dari Pihak UNHCR.

Aparatur desa telah mendata jumlah dan identitas para pengungsi Rohingya serta berkoordinasi dengan pihak Muspika Plus Kecamatan Tanjung Pura.

Baca juga   Do'a Sebelum Coblos Surat Suara, Ijazah Dari Gus Mus (Ketua Mustasyar PBNU)

Mereka juga telah memberikan logistik berupa air dan makanan kepada para pengungsi.

Hasil koordinasi antara Camat Kecamatan Tanjung Pura dengan Pj. Bupati Langkat bahwa, akan didirikan tenda Penampungan sementara di luar Kawasan Pemukiman desa Kwala Langkat Daerah Dusun 4 Desa Kwala langkat yang letaknya dipinggir pantai dan cukup jauh dari Pemukiman Masyarakat menunggu tindak lanjut dari Pihak UNHCR.

*(Taslim)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *