banner 728x250

Ledakan di Instalasi AC Rumah Sakit Semen Padang, Pecahnya Plafon dan Pecahan Kaca Menyebabkan Evakuasi Pasien

 

matanewstv.com | | Padang – Terjadi ledakan pada Instalasi AC di Rumah Sakit Umum Semen Padang, Jalan By Pass Kilometer 7, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Kejadian ini menyebabkan robohnya plafon rumah sakit dan pecahan kaca tersebar di beberapa bagian fasilitas kesehatan.30 Januari 2024 – Pada hari Selasa, pukul 15.30 WIB

banner 728x250

Kronologis kejadian mengungkapkan bahwa ledakan berasal dari pipa sentral AC di koridor lantai 1 setelah proses perbaikan dilakukan dengan pengelasan di lantai 7.

Teknisi yang melakukan perbaikan diduga lupa menutup gas pada komponen las, menyebabkan 6 unit outdoor central AC meledak. Dampak ledakan ini melibatkan kerusakan instalasi kaca, fasilitas kesehatan, dan mengakibatkan dua orang mengalami luka ringan akibat pecahan kaca.

Situasi setelah ledakan

Manajer Pemeliharaan Non Medis, Irmansyah, yang berada di basement saat kejadian, segera mencari tahu penyebab ledakan. Piket SPKT Polresta Padang dan Unit Identifikasi Polresta Padang tiba di TKP pukul 16.00 WIB untuk melakukan olah TKP dan mengamankan area.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Ferry Harahap, S.I.K., M.Si, melakukan cek TKP pukul 16.30 WIB. Evakuasi dilakukan pada pukul 16.31 WIB, melibatkan 100 pasien rawat inap dan 2 pasien luka ringan, diarahkan ke rumah sakit terdekat karena operasional rumah sakit Semen Padang dihentikan.

Proses evakuasi selesai pada pukul 18.00 WIB. Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, S.I.K., S.H, dan Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl, tiba di TKP pada pukul 18.20 WIB untuk melakukan pengecekan.

Dampak kejadian ini termasuk pecahnya instalasi kaca, rusaknya fasilitas kesehatan dan umum, serta terhentinya operasional pelayanan kesehatan untuk waktu yang belum ditentukan. Sebanyak 102 pasien, termasuk pekerja cleaning service, dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Baca juga   Polisi Razia Diskotik New Blue Star Binjai, Puluhan Orang Positif Narkoba, Senpi Rakitan Juga Turut Diamankan

Saat ini, penyebab ledakan masih dalam proses penyelidikan oleh Sat Reskrim Polresta Padang.

Dampak kerugian mencakup kerusakan fasilitas kesehatan, namun beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. (Red/TS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *