Konflik Tanah di Binjai Selatan: Keributan Mekar Jaya dan Warga Beguldah

Konflik Tanah Eskalatif: Pertarungan Ladang di Binjai Selatan

Berita, BREKING NEWS200 Dilihat

 

Matanewstv.com – Binjai Selatan

Pada Jumat siang, terjadi keributan di jalan Gunung Louser, Kelurahan Bhakti Karya, Binjai Selatan, antara Kelompok Tani Mekar Jaya dan Warga Beguldah. 19/01/2024

Insiden ini berawal saat empat orang suruhan, yang diketahui sebagai ADIANTA SEMBIRING alias MACEM, mendatangi Perladangan Eks HGU PTP Nusantara II yang selama 14 tahun dikuasai oleh Poktan Mekar Jaya.

Menurut keterangan Poktan Mekar Jaya, penolakan terjadi karena suruhan tersebut hendak melakukan aktivitas di ladang yang sudah lama dikuasai mereka. Keempat suruhan tersebut kemudian memanggil ADIANTA SEMBIRING alias MACEM, yang datang bersama 40 orang anggota Warga Beguldah, beberapa di antaranya membawa senjata tajam.

Kepolisian dari Polsek Binjai Selatan, di bawah KOMPOL PUTRA JANI PURBA. SH. MH, segera merespon dan membubarkan kedua kelompok tersebut, menghindari eskalasi lebih lanjut.

 

Namun, pada pukul 15.35 WIB, kelompok Beguldah kembali ke lokasi dipimpin oleh USRAT AMINULLAH, Ketua Partai Buruh Kota Binjai.

Mereka meminta pertanggungjawaban atas kerusakan mobil yang terjadi selama keributan, namun pertemuan tersebut tidak membuahkan kesepakatan.

 

Konflik ini dipicu oleh suruhan ADIANTA SEMBIRING alias MACEM untuk mengambil alih Perladangan Eks HGU PTP Nusantara II yang dikuasai oleh Poktan Mekar Jaya selama 14 tahun.

 

Warga Beguldah telah mengambil paksa sebagian ladang yang dikuasai oleh Poktan Mekar Jaya, terutama di sepanjang Jalan Gunung Singgalang, Kelurahan Bhakti Karya, Binjai Selatan.

 

Polsek Binjai Selatan masih melakukan pengamanan di objek tersebut untuk mencegah terjadinya keributan lanjutan antar kelompok dan masyarakat.

(Red/TS)

Baca juga   Apel Perdana Rutan Kelas I Medan Semarakkan Semangat Baru Pasca Libur Lebaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *