banner 728x250

Antusiasme Tinggi Warnai Pembukaan MTQ dan Festival Seni Qasidah di Tebing Tinggi

 

 

banner 728x250

MATANEWSTV com || Tebing Tinggi – Antusiasme masyarakat mewarnai pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-17 Tingkat Kota Tebing Tinggi Tahun 2024. Acara yang mengusung temaMeneguhkan Nilai-Nilai Al-Qur’an Menuju Kota Tebing Tinggi Yang Modern dan Religius” ini berlangsung di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo, Sabtu (2/3/2024) malam.

 

Pembukaan MTQ dan FSQ dihadiri oleh Asisten 1 Pemerintah Kota Tebing Tinggi M. Syah Irwan, SKM, M.Kes mewakili Pj Wali Kota Tebing Tinggi, Kapolres Tebing Tinggi diwakili Kabag Ops Polres Tebing Tinggi AKBP Yengki Deswandi, SH, Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi Basyaruddin Nasution, SH, MH, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia, H. Aidil, SE, M.Si, mengatakan bahwa kegiatan ini berlangsung selama 7 hari, mulai tanggal 2 hingga 8 Maret 2024. Berbagai cabang dan golongan perlombaan diikuti oleh 803 peserta dari utusan kecamatan se-Kota Tebing Tinggi.

Cabang yang dilombakan dalam MTQ antara lain Seni Baca Al-Qur’an, Qiro’at Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Seni Kaligrafi Al-Qur’an, dan Karya Tulis Al-Qur’an (KTIQ). Sedangkan untuk FSQ, cabangnya meliputi Bintang Vokalis, Qasidah Rebana Klasik, dan Pop Religi,” papar Aidil.

Lebih lanjut, Aidil menjelaskan bahwa dewan hakim yang bertugas menilai berasal dari Tebing Tinggi dan Medan. Selain itu, sebanyak 10 stan UMKM disediakan oleh Pemko Tebing Tinggi untuk meramaikan acara ini.

Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi Basyaruddin Nasution, SH, MH, mengapresiasi penyelenggaraan MTQ dan FSQ ini. Ia berharap kegiatan ini dapat membangkitkan semangat dan pemahaman masyarakat terhadap Al-Qur’an.

Harapan kita bersama, MTQ ini dapat melahirkan bibit-bibit baru dan generasi baru penghafal Al-Qur’an,” ujar Basyaruddin.

Baca juga   Sat Binmas Polres Tebing Tinggi Lakukan Patroli dan Imbau Pelajar di SMA N 1

Sementara itu, Asisten 1 Pemerintah Kota Tebing Tinggi M. Syah Irwan, SKM, M.Kes, mewakili Pj Wali Kota Tebing Tinggi, menekankan bahwa MTQ bukan hanya acara rutin, tetapi juga momentum untuk membumikan Al-Qur’an dalam kehidupan.

Semoga MTQ ini menjadikan sumber kehidupan bagi kita dan menjadikan Kota Tebing Tinggi yang memberikan kebaikan,” harap Syah Irwan.

Pembukaan MTQ dan FSQ dimeriahkan dengan berbagai penampilan, seperti pawai taaruf, tari tradisional, dan nasyid. “Acara ini diharapkan dapat meningkatkan syiar Islam dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di Kota Tebing Tinggi”. Pungkas Kasi Humas Tebing Tinggi.     *Nain**

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *