Pelatihan Laminating Sampan Tradisional Desa Paluh Manan

Berita, Deli Serdang439 Dilihat

matanewstv.com

HAMPARAN PERAK – Lima belas nelayan tradisional Desa Paluh Mana ikuti pelatihan laminating sampan di Desa Paluh Manan, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (2/1/2024).

Hadir dalam pelatihan tersebut Kepala Desa Paluh Manan Nasrul,Kasi Pelayanan Dan Kesejahteraan Hamdani, Narasumber Dinas Perikanan.

Pelatihan laminating sampan ini sangat penting untuk meningkatkan ketahanan kayu sampan agar dapat bertahan lama di dalam air.

Hal ini akan membantu para nelayan tradisional dalam menjalankan aktivitas penangkapan ikan mereka dengan lebih efektif dan efisien.

Dalam pelatihan ini, nelayan-nelayan tersebut diajarkan tentang teknik laminating yang tepat, termasuk pemilihan bahan-bahan yang berkualitas dan proses pengaplikasiannya.

Ketua Kelompok Nelayan Desa Paluh Manan, Arifin, mengungkapkan harapannya agar pelatihan seperti ini dapat diadakan lebih sering di masa mendatang.

Saat Pelatihan dan paparan

Mengingat mayoritas warga Dusun 5 adalah kaum nelayan, pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam merawat dan memperbaiki sampan mereka sendiri.Selain itu, pelatihan ini juga merupakan wujud dukungan dari Dinas Perikanan Kabupaten Deli Serdang kepada para nelayan tradisional dalam upaya memperkuat sektor perikanan di daerah ini.

Langsung Penerapan Pelatihan Laminating

Kepala Desa Paluh Manan Nasrul “Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, para nelayan tradisional dapat meningkatkan hasil tangkapan mereka dan secara keseluruhan memperbaiki kondisi ekonomi dan kesejahteraan.” Ungkapnya

Melalui pelatihan ini, diharapkan para nelayan dapat memanfaatkan ilmu dan keterampilan yang telah mereka pelajari untuk meningkatkan kualitas dan ketahanan sampan mereka. Dengan kayu sampan yang tahan lama, mereka dapat menjalankan aktivitas penangkapan ikan dengan lebih aman dan hasil tangkapan yang lebih optimal.” Harapan Kades Nasrul.

Dengan adanya pelatihan ini berdampak positif pada peningkatan produksi ikan di daerah ini serta berkontribusi pada peningkatan pendapatan para nelayan tradisional. (Red)

Baca juga   Pipa Besi Diatas Badan Jalan Raya Pelabuhan Belawan Milik PAG Mulai Jadi Sorotan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *