banner 728x250

Menjelang Natal Dan Tahun Baru Sejumlah Ruas Tol Alami Volume Peningkatan Arus Kendaraan

matanewstv.com

Medan – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan segera tiba, sudah mulai banyak masyarakat yang melakukan perjalanan untuk pulang kampung atau mudik.

Hal ini terlihat dari peningkatan volume kendaraan lalu lintas yang dicatat langsung oleh Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) pada Sabtu (23/12/2023) Pukul 23.15 WIB.

banner 728x250

Senior General Manager Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Truly Nawangsasi Mengatakan “di Wilayah Medan, tercatat 32.709 Kendaraan melintasi Ruas Tol Medan-Kualanamu – Tebing Tinggi, meningkat 45,6 % dibandingkan lalu lintas harian normal 2023 sekitar 22.465 kendaraan.” (Paparnya)

“Sedangkan untuk Ruas Tol Belawan – Medan – Tanjung Morawa, tercatat sebanyak 90.092 Kendaraan melintas, meningkat 6,4 % dibandingkan lalu lintas harian normal 2023 sekitar 84.666 Kendaraan.”

“Peningkatan tertinggi terjadi pada Gerbang Tol (GT) Tebingtinggi, terpantau pada H-3 Natal 2023, tercatat 14.798 Kendaraan melintasi GT Tebing Tinggi arah Siantar dan Tebingtinggi , meningkat 60,4 % dibandingkan lalu lintas harian normal 2023 sebesar 9.226 kendaraan,” (lanjutnya)

Terhitung sejak tanggal 18 Desember 2023 sampai dengan 22 Desember 2023 “Peningkatan trafik Kendaraan yang masuk ke Tol Ruas Tol Binjai Langsa, total komulatif 38.311 Kendaraan yang melintas atau meningkat 18,63 % dari VLL Normal.”

“Sementara Peningkatan trafik Kendaraan yang masuk ke Tol Indrapura – Kisaran, total komulatif 49.290 Kendaraan yang melintas atau meningkat 22.26 % dari VLL normal.” (PT. Hutama mencatat)

PT. Hutama Marga Waskita membuka secara fungsional Ruas Kuala Tanjung – Tebingtinggi–Parapat (KUTEPAT) Yaitu :

✍️ Tebingtinggi – Sinaksak sepanjang 47,15 Kilometer guna mendukung Pemerintah dalam mensukseskan arus mudik dan arus balik selama Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

✍️ Ruas Tebing Tinggi – Sinaksak akan mempermudah mobilitas Pengendara dari Arah Tebingtinggi menuju Pematangsiantar yang semula memerlukan waktu 1,5 jam menjadi hanya 30 Menit saja.

Baca juga   Kepedulian PT. Pelindo Terhadap Sesama Dengan Berbagi Takjil, Sembako Dan Santuni Anak Yatim Serta Dhuafa

Selama dibuka secara fungsional, Ruas Tebingtinggi–Sinaksak tidak dikenakan tarif alias Rp 0,- (Gratis), namun Pengendara yang keluar dan Melakukan Tapping di Gerbang Tol Dolok Merawan atau Gerbang Tol Sinaksak dikenakan tarif existing sampai dengan Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi (MKTT).

Hal ini dikarenakan Pengendara dari arah Tol Medan raya yang akan menuju Dolok Merawan atau Sinaksak tidak melewati Gerbang Tol MKTT namun melalui Junction Tebing Tinggi yang akan langsung menuju Pematangsiantar.

Sedangkan pada Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura yang sudah dioperasikan tanpa tarif, pengendara dari arah Tol Medan raya dapat melalui Jalan Tol MKTT dan menerus menuju Tebingtinggi atau Indrapura juga tidak dikenakan tarif alias Rp 0,- (Gratis), dengan tanpa Melakukan tapping pada gerbang tol atau free access.

Sejak dioperasikannya Gate Tol Tebing Tinggi-Indrapura pada 10 November 2023 lalu, per hari Rabu, 21 Desember 2023 Volume Lalu Lintas atau VLL saat ini telah dilintasi sebanyak 8.085 Kendaraan, Diprediksi jumlah tersebut akan terus meningkat mengingat masa Libur Nataru 2024 semakin dekat.

Dirut PT. Hutama Marga Waskita Dindin Solakhuddin Mengatakan “Progress konstruksi pada Ruas Tebingtinggi-Sinaksak belum sepenuhnya selesai, Kondisi di Ruas Tebingtinggi-Sinaksak masih terdapat titik pekerjaan konstruksi dan perkerasan jalan, kami mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan rambu-rambu yang tersedia.”

“Mengingat ruas Tebingtinggi-Sinaksak masih belum 100 % selesai, pengguna jalan agar memperhatikan kecepatan maksimum kendaraan yang sudah ditentukan di ruas tol fungsional Tebingtinggi – Sinaksak Yakni 60 km/jam, Sedangkan pada Jalan Tol Tebingtinggi – Indrapura yakni 80 km/jam. (Ujarnya)

HAMAWAS (PT. Hutama Marga Waskita) bersama dengan Bina Marga, Dinas Perhubungan, dan Satlantas Polres setempat juga membentuk Posko pelayanan agar dapat melayani dan memastikan Keamanan Pengguna jalan selama melintas.

Baca juga   Pelindo Regional I Belawan Antisipasi Lonjakan Penumpang Di Arus Mudik Lebaran 2024

Dindin Solakhuddin, Direktur Utama PT. Hutama Marga Waskita, Mengatakan Hamawas juga telah menyiapkan 18 Unit Armada Siaga pada dua ruas Jalan Tol yang dibuka secara fungsional Nataru ini.” (Ungkapnya)

Berdasarkan Surat dari BPJT terkait Pelaksanaan Pengoperasian Jalan Toi Tahap Konstruksi secara Fungsional sebagai Jalur Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), fungsional Ruas Tebing Tinggi – Sinaksak akan dibuka H-2 hingga H+2 Nataru 2023/2024 yaitu dimulai pada hari Sabtu Tanggal 23 Desember 2023 sampai dengan Rabu, 3 Januari 2024.

Ruas tol akan dibuka 2 arah dengan memperhatikan situasi dan kondisi kepadatan arus Kendaraan yang melintas di Jalan Nasional.

Kendaraan yang bisa melintas khusus untuk Kendaraan Penumpang Golongan I (Non bus) dengan jam Operasional pada pagi hari pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB.

HAMAWAS juga Mengimbau “Kepada pengguna jalan agar mengecek kondisi Kendaraan sebelum Mengemudi, memastikan Kondisi dalam Keadaan prima dan tidak mengemudi dalam Kondisi mengantuk serta selalu mengutamakan Keselamatan.”

Dengan dibuka secara fungsional ini sebagai wujud pelayanan kami kepada Masyarakat Sumatera Utara agar dapat berkumpul dan Merayakan hangatnya Natal bersama keluarga lebih cepat.

“Kami menghaturkan banyak terima kasih kepada Stakeholder terkait untuk koordinasi dan kerja samanya.” (Tutupnya)

(Taslim siddik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *