banner 728x250
Agama  

Kementerian Agama Republik Indonesia Menggelar Sidang Isbat Untuk Penentuan Awal Puasa Ramadan 1445 H

Matanewstv.com |  | Jakarta – Pemerintah Republik Indonesia baru akan menentukan kapan mulai puasa Ramadan 2024 melalui sidang isbat.

Penentuan tersebut akan dirujuk dari data hisab dan hasil rukyatul hilal yang dilakukan tim Kementerian Agama (Kemenag) pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

banner 728x250

Penetapan awal Ramadan menggunakan metode rukyat dan hisab. Hisab berfungsi sebagai sumber informasi utama, sementara rukyat mengonfirmasi hasil hisab.

Sidang Isbat dihadiri oleh tim Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, BRIN, serta BMKG.

Berdasarkan hasil Keputusan sidang isbat hari ini pada Minggu (10/3/2024), Kementerian Agama Republik Indonesia mengumumkan bahwa awal puasa Ramadan 1445 H jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. 

Pengumuman tersebut disampaikan dalam Sidang Isbat di Auditorium H. M. Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta Pusat,

Keputusan ini didasarkan pada fakta bahwa posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia belum memenuhi kriteria minimum yang telah ditetapkan, yaitu 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat. Dengan demikian, hilal belum terlihat.

Keputusan ini diharapkan dapat memberikan pedoman bagi umat Islam di Indonesia dalam memulai ibadah puasa Ramadan 1445 H.

Red**

Baca juga   Polres Lhokseumawe Tetap Konsekuen Melaksanakan Patroli Keamanan Di Lokasi Tempat Ibadah/Masjid Selama Bulan Suci Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *