banner 728x250
Daerah  

BPJS Kesehatan Pastikan Komitmen Pelayanan Yang Mudah, Cepat dan Setara, Saat KunKer Ke Puskesmas Tanjung Marulak, Kota Tebing Tinggi

matanewstv.com

Tebing Tinggi – BPJS Kesehatan menyampaikan kepada seluruh fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan bahwa penyelenggaraan pelayanan kesehatan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dilandasi Komitmen Transformasi Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan untuk memberikan pelayanan optimal kepada peserta JKN.

Hal ini disampaikan Pejabat Pengganti Sementara Kepala Cabang Lubuk Pakam BPJS Kesehatan, Ikhwal Maulana pada kesempatan kunjungan kerja ke Puskesmas Tanjung Marulak, Kota Tebing Tinggi, Senin (22/01/2024)

banner 728x250

Untuk menindaklanjuti pemberitaan di sejumlah media terkait dengan video pelayanan administrasi oleh petugas Puskesmas Tanjung Marulak terhadap peserta JKN Abdul Sani Hasibuan.

menuturkan, transformasi mutu layanan yang diupayakan pihaknya bersama seluruh fasilitas kesehatan mengedepankan prinsip pelayanan yang mudah, cepat dan setara bagi peserta JKN saat mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan.

“Komitmen transformasi mutu layanan kami harapkan dapat menandai munculnya semangat melayani yang semakin menuju ke arah yang lebih baik. Kita sama-sama berharap masyarakat terlayani dengan baik dan puas dengan pelayanan yang diterima, serta tidak merasa ada pembedaan perlakuan sebagai peserta JKN,” (pungkas Ikhwal)

Menanggapi adanya keluhan peserta JKN terkait dengan pelayanan oleh salah satu fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di Kota Tebing Tinggi, Ikhwal mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan kedua pihak, yaitu peserta JKN Abdul Sani Hasibuan dan Puskesmas Tanjung Marulak Kota Tebing Tinggi.

Dikatakannya, kedua pihak telah mencapai kesepahaman untuk menyelesaikan persoalan yang telah mengemuka tersebut secara kekeluargaan, setelah sebelumnya kedua pihak dengan difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi melakukan pertemuan klarifikasi di hadapan sejumlah jurnalis media cetak, elektronik dan online.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi, Buyung RB Diningrat Daulay, bersama dengan Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi, Derlina Nasution dan Kepala Puskesmas Tanjung Marulak, Kurniadinata Temmagangka, mengatakan telah dilakukan mediasi untuk menyelesaikan persoalan peserta JKN Abdul Sani Hasibuan yang menyampaikan keluhan terkait pelayanan administrasi oleh petugas Puskesmas Tanjung Marulak Tebing Tinggi melalui pemberitaan di sejumlah media.

Baca juga   Lapas Pematang Siantar Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus dengan Ibadah Bersama GMKI Cabang Pematang Siantar-Simalungun

Persoalan antara kedua pihak telah selesai melalui mediasi yang dilakukan. Kami menyampaikan permohonan maaf atas viralnya video tersebut. Kami akan melakukan evaluasi terhadap petugas kami tersebut, dan memastikan kepada seluruh Puskesmas di Kota Tebing Tinggi agar peristiwa tersebut tidak terulang lagi. Standar pelayanan sudah ada dan pelaksanaannya akan terus kami lakukan evaluasi. Masyarakat tidak perlu khawatir untuk berobat di Puskesmas, kami akan siap melayani dengan optimal,” (pungkas Buyung)

Peserta JKN Abdul Sani Hasibuan menyambut baik mediasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi.

Menurutnya pihak Dinas Kesehatan dan Puskesmas Tanjung Marulak telah berjanji untuk melakukan evaluasi terkait dengan penerimaan pasien di Puskesmas.

Abdul Sani mengaku bersyukur telah tercapai kesepahaman untuk saling memaafkan antara dirinya dan petugas yang melakukan pelayanan administrasi di Puskesmas Tanjung Marulak.

“Tidak ada saling menyalahkan. Kita berharap kejadian seperti ini tidak terulang,” (ucap Abdul Sani).

(Nain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *