Bawaslu Sumut Gelar Pelatihan Saksi Pemilu Tahun

Sumut129 Dilihat

matanewstv.com || Sumut – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar pelatihan saksi bagi peserta pemilu pada Pemilu Tahun tahun 2024 yang kedua, dan dilaksanakan di Hotel Radisson Medan, Selasa (06/02/2024).

Pelatihan saksi peserta pemilu merupakan amanat Pasal 351 ayat 1 UU Nomor 7 Tahun 2017 yang menjadi tanggung jawab Bawaslu.

“Kegiatan ini adalah instruksi dari Bawaslu-RI dan juga amanat undang-undang yang mana pelatihan saksi itu menjadi tanggung jawab Bawaslu secara keseluruhan.” (sebut anggota Bawaslu Sumut divisi hukum Payung Harahap).

Payung menambahkan, pelatihan saksi peserta Pemilu merupakan bagian dari tanggung jawab Bawaslu, meskipun peserta pemilu juga memiliki metode pelatihan sendiri bagi saksi.

“Pelatihan saksi juga nanti akan dilanjutkan kab/kota, bahkan sampai tingkat kecamatan untuk ditindaklanjuti,” (tegasnya).

Sebelumnya pelatihan saksi ini sudah dilaksanakan di hotel Karibia Medan pada 21 Desember 2023 lalu, kita berharap bahwa “pelatihan saksi ini bertujuan untuk menyamankan persepsi antara jajaran petugas kita dengan saksi partai politik terhadap pemahaman yang sesuai setiap tempat pemungutan suara atau TPS,”(ujarnya).

Senada, Anggota Bawaslu Sumut Romson Poskoro Purba mengapresiasi semangat dari peserta pelatihan Saksi peserta pemilu untuk mensukseskan Pemilu 2024. “Untuk itu bapak/ibu pelaksanaan di Kabupaten/Kota selanjutnya mohon kami yang hadir disini nanti menjadi narasumber Kab/Kota dalam rangka sosialisasi di kecamatan karna ini penting untuk mensukseskan Pemilu 2024,” (kata Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Sumut ini).

Acara yang dilaksanakan selama 1 (satu) hari ini dihadiri oleh peserta yang terdiri dari Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, 3 perwakilan tim pemenangan Capres/Cawapres, 18 perwakilan Saksi Parpol dan 21 perwakilan Saksi DPD.

Hadir juga dalam kegiatan ini narasumber dari Anggota Bawaslu Sumut periode 2018-2023 Syafrida R. Rasahan dan Herdi Munte, serta Komisioner KPU Sumut Raja Ahab Damanik juga Akademisi Dr. Zulkarnaen.

Baca juga   Briptu Prima Ginting: Perjalanan Penuh Dedikasi dalam Pengamanan Pemilu 2024

(Misniar/Ibnu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *