banner 728x250

Bangkit Untuk Indonesia Emas”, Lapas Kotapinang Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116

Peran Penting Kaum Muda Berpendidikan

 

MATANEWSTV com || KOTAPINANG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kotapinang menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun di Lapangan Upacara pada Senin (20/05).

banner 728x250

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas III Kotapinang, Edison Tampubolon S.H., M.H., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Seluruh pejabat struktural, petugas, dan perwakilan warga binaan turut serta dalam kegiatan ini.

Dalam amanatnya, Edison Tampubolon menyampaikan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Ia menekankan bahwa saat ini bangsa Indonesia menghadapi realitas kemajuan teknologi yang berkembang pesat.

Menurutnya, Indonesia tidak hanya harus ikut serta tetapi juga harus menjadi pemain penting di kancah global untuk menggapai dunia.

Menkominfo berharap peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2024 ini tidak hanya dimaknai secara seremonial, tetapi juga sebagai momentum memahami bahwa embrio Indonesia lahir dari kemajuan modern dan pencerahan.

Ia menekankan pentingnya peran kaum muda berpendidikan yang tetap menjaga identitas ke-Indonesiaan mereka.

Semangat kebangkitan nasional, menurutnya, lahir dari pemikiran kaum muda terdidik yang merumuskan dan memperjuangkan cita-cita kemerdekaan dan kebebasan.

Edison juga menegaskan bahwa alam kemerdekaan hanya bisa dicapai jika manusia setara dan bebas, yang hanya mungkin jika manusia tersebut terpelajar dan berpendidikan.

Dari kaum muda inilah semangat kebangkitan nasional lahir sebagai penanda zaman baru dan pencetus cara berpikir baru. Semangat ini merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia.

Kita harus menatap masa depan dengan optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan,” lanjutnya.

Ia menekankan bahwa kemajuan telah terbentang di depan mata dan momen ini harus dimanfaatkan untuk mewujudkan mimpi sebagai bangsa. Dengan bonus demografi dan potensi transformasi digital yang dimiliki, Indonesia memiliki modal dasar untuk menuju “Indonesia Emas 2045”.

Mengakhiri amanatnya, Edison mengajak seluruh peserta upacara untuk memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun 2024 dengan semangat kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas.

Baca juga   Ciptakan Suasana Aman dan Kondusif di Lapas Kotapinang, Kalapas Berikan Pengarahan Persuasif

**(Heri)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *